Saturday, March 1, 2014

Cerita Kehamilan Pertama

Akhirnya ... ada waktu juga buat nulis cerita kehamilan pertama, setelah si baby nongol ke muka bumi ini.
Tidak menyangka banget proses kehamilan ku selama 9 bulan 3 minggu dan satu pun ngga ada yang dishare ke blog selama ini, berbanding terbalik dengan 'kehebohan' ku menantikan kehamilan kesannya setiap hari kehamilan harusnya diabadikan lewat tulisan lalu bisa dibuat buku kan (cita-cita yang terlalu mengawang - awang ๐Ÿ˜†)
 Yup, begitulah kadang angan tak selalu sama dengan kenyataan ๐Ÿ˜…apalagi nulis itu tergantung mood ibu2๐Ÿ˜Š

Tapii, untuk kenang-kenangan buat anak ini nanti, aku pengen menulis juga pengalaman seru mengandung dia selama 9 bulan lebih, jadi dia bisa tau betapa mama dan papa nya (khususnya mama-nya) sangaat ingin memberikan yang terbaik buat my little princess.. (oya, setelah hasil USG 29 oct lalu, di RS St. Carolus dengan Dr Royanto, we get a baby girl... and papanya lansung manggil dia Michelle)
Btw, pemilihan nama ini sempat tawar menawar juga, kalo menurut aku kesannya ke barat-baratan banget dan salah satu nama adikku adaalah Mikail, hampir sama kan, hanya saja Michelle dalam pelafalan bahasa Inggris.  Tapiiii karena papa nya sudah cinta dan selalu memanggil dengan nama itu, makin kesini aku sudah pasrah saja lah ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Ok, back to the topic,awal - awal  kehamilan, aku periksa di RS. JMC (Jakarta Medical Center) dengan Dr. Shinta Utami. Telat 4 minggu aku sudah check - up. Sebelumnya sudah uji lewat test-pack walaupun hasilnya bluur tapi udah 4 minggu telat, aku sudah positif saja kalau aku lagi hamil. Tepatnya tanggal 18 May hari terakhir aku menstruasi. Jadi sekitar bulan Juni, aku periksa ke JMC.
Yang keliatan di USG hanya kantung kehamilan, janin belum terlihat  tapi Dr Sinta bilang ini judulnya sudah hamil... ( ๐Ÿ’ƒHOREEE..) Jadi disuruh balik lagi untuk USG 1 bulan kemudian. Di kehamilan 4 bulan, aku pernah dapat bercak darah merah. Pas cek di toilet kantor, ya ampuun, trauma keguguran membayangiku. Sorenya lansung check ke Dokter Kandungan dan dikasi penguat kandungan. Setelah itu, hati ini mantap buat resign karena mau fokus untuk jaga kehamilan..

Setelah itu, pindah rumah dari Taman Margasatwa ke Biduri Bulan III daerah kemayoran, maka check up pun pindah ke St Carolus, dengan Dr. Royanto.

Ternyata makin hari perut yang makin buncit tidak bisa jalan jauh, akhirnya cari lagi di dekat Sumur Batu ada RSIA Berkat Ibu, dan kebetulan juga Dokter Kandungan yang praktek disana adalah Dokter Royanto (horeee..) yang biasa praktek di St Carolus. Akhirnya pindah lagi ke RSIA Berkat Ibu di daerah Sumur Batu dengan dokter Royanto ini sampai usia kehamilan memasuki 8 bulan. (FYI awal 2015  RSIA Berkat Ibu sudah tutup dan diganti dengan mesin - mesin ATM,  dan ini baru aja gw edit di Feb' 2016)

Di kehamilan memasuki 9 bulan, posisi Michelle belum turun melewati panggul, Dr. Royanto menyarankan Caesar karna kemungkinan berat bayi gede dan kepala tidak lewat panggul.
OMG, lansung galau deh.. soalnya impianku itu lahiran normal dan sudah sering lihat - lihat proses lahiran normal di Youtube, I think I can handle the pain. Dr. Royanto pun menyarankan cari second opinion kalo memang masih berniat normal..

Baiklah, akhirnya pindah ke Dr Feby Febriana, yang sehari - hari prakteknya di RSIA Eva Sari yang di jalan Pramuka tapi kalo  setiap senin dia buka praktek di klinik Bidan Ningsih (udah dapat predikat Bidan Delima juga.. apa itu Bidan Delima bisa di googling aja, intinya Bidan yang udah diakui kredibilitasnya.. kira - kira seperti itulah).  Klinik Bidan Ningsih ini lebih dekat lagi ini kerumah.. jalan kaki 1 menit udah sampai.  Gw mimpi, lahiran normal di klinik ini, pulangnya bisa jalan kaki bawa bayi nya LOL.
 Dokter Feby punya jadwal setiap senin malam bawa - bawa mesin USG nya buat periksa ibu - ibu yang kurang minat ke RS Eva Sari (selain jauh dan muahaal hehee) karena kalo cek up USG di Bidan Ningsih dengan dokter Feby cuma bayar  120rb plus dapat print hasil USG nya.

Singkat cerita eeh, ternyata pada akhirnya harus caesar juga.. (story-nya ada di tulis di sini) ternyata alasannya baby tidak turun bukan karena kepalanya tidak lewat panggul, tapi badannya kelilit tali pusar.  Agak nyesal juga, kenapa tidak USG 4D minggu - minggu terakhir sebelum HPL nya, padahal sudah kefikiran juga loh dan niat mau USG 4D di Klinik Dr Bob Komplek Harmoni itu.
Kalo tau bakal operasi, bisa dipercepat kan, jadi mak tua agung (my sister) bisa liat baby Michelle ..
Anyway.. welcome to the world my Princess, I will be your best friend for your entire life. I promise you that.. #smooch#

Review semua dokter - dokter yang pernah periksa ..

- Dr. Shinta Utami, yang di JMC. Hasil USG nya bagus banget hampir seperti 4D (bahkan Dr Royanto di Carolus muji hasil print USG dari Dr. Shinta yang aku bawa pas check up pertama kali) tapi dokter ini hemat kata - kata. Mesti rajin - rajin nanya, kalo memang pengen tau. Cenderung cepat juga sih.. karna pasiennya banyak yang antri ibu2 :-)

- Dr Royanto, yang di St. Carolus. Dokter ini udah tangan dingin ya .. banyak ulasan juga kok kalo Dokter ini bagus dan pro normal.  Sabar dan fair ya, karena ngasih kita kesempatan cari second opinion..

-  Dr Feby Febriana, prakteknya di RSIA Eva Sari. orangnya sabar, komunikatif dan sampai titik darah penghabisan (hehehe) mengusahakan pro normal, bahkan sampai aku sendiri udah lemas dan seluruh keluarga saranin operasi, dia malah keukeh normal dengan cara membujuk supaya bertahan ..
Pun, pada akhirnya caesar juga..

Jadi, sebenarnya dokter cocok2 an sih ya .. Tapi karena yang mau diobok-obok pas lahiran 'aset' kita, kalo aku memang lebih nyaman dengan dokter perempuan.

Intinya selama masa kehamilan aku menikmati menjadi calon ibu banget :-)

How about you? please leave a comment if you want to ask anything :-) Enjoy your pregnancy moms..

~DB









0 komentar: