Thursday, March 9, 2017

Mom

TAdi aku senyum - senyum sendiri ..
 FB kakakku posting gambar BP alias mainan bongkar pasang dengan caption 'kangen BP ku'

 Ingatan ku lansung melayang kemasa kanak kanak kami.. dulu aku ingat banget karena kami 6 bersaudara, biaya hidup membesarkan 6 anak kan tinggi ya, sementara kedua orangtua kami cuma PNS. Jadi mainan kami tidak melimpah ruah dan tidak mahal- mahal. Kalau buku - buku masih OK lah.. bokap masih berjibaku beli buku walaupun cuma buku cerita. that's why I love to read (mostly novel).
Cuma makin gede - gede stok buku makin menipis berbanding terbalik dengan biaya hidup yang makin banyak 😅 padhal pas gw remaja jamannya booming komik jepang semacam candy2 gitu.. untuk punya komik ini susah payah banget nabungnya... kadang cuma punya uang yang cukup untuk beli 1 komik (itupun hasil tabungan 2 minggu menahan haus lapar pas jam istrahat plus siksaan mata melihat tahu isi acem yang aroma nya sampe sekarang masih gw ingat 😅😂😂) tapi baca komik di gramedia sampai berjam jam.. sampe kaki pegal berdiri kelamaan baca. Diselingin dengan duduk dilantai juga kadang - kadang, walau sering kena bentak satpam yang inspeksi ngga boleh duduk sambil baca.. sontak aku dan anak-anak yang lain lansung berdiri 😅😂😅

Nah salah satu permainan yang agak mewah jaman itu ya BP ini... kami sampai nabung berhari hari untuk beli 1 bongkar pasang. yah maklumlah, kami ada 6 orang yang bersekolah semua.. jadi uang jajan juga dijatah pas - pasan.

Dulu sebelum era BP booming, kami bikin mainan sendiri dari kain perca. Proses membuat boneka perca ini lumayan unik juga karena perca yang cantik itu harus imut - imut yang dilihat dari hasil akhir.. jadi kalo endingnya kelihatan ngga pas, ngulang lagi deh dari awal.
Jadi untuk wajahnya dipilih perca putih atau coklat. Digunting persegi2 gitu, didalamnya diisi kapas jadi seperti bulatan kemudian diikat pake benang. Untuk dada nya jg gitu tapi bulatan lebih kecil. Untuk badannya dibuat dari sapu lidi kira kira setinggi telunjuk dewasa dililit2 pake kain, setelah keliatan udah agak gede dan empuk lilitannya diikat pakai benang. Dan finishingnya, disatukanlah wajah dan buah dada tadi dengan benang, tak lupa untuk tangannya pake lidi lagi kira kira yaah 2cm lah.. tadaa.. jadilah boneka kayak orang2an sawah versi mini.
Kalau rajin dan perca banyak kita bisa bikin banyak banget. Ayah ibu, anak - anak dsb.
Aku ingat kami senang banget kalo diajak bertamu kerumah saudara yang  tukang jahit, kita senang banget karena bisa pilih perca warna warni untuk baju2nya.

 Nah, ada satu moment, sepasang keluarga perca gw hilang... gw ngga tau apakah ini perbuatan saudara - saudara perempuan ku yang mensabotase bonekanya  atau hilang gimana.. tapi pas itu aku nangis sejadi jadinya...Pas mama kami pulang kerja, aku masih aja nangis (atau lanjut nangis 😅) .. akhirnya mama kami (ngga tau deh apa saat itu juga atau besoknya) bikinin aku sepasang keluarga perca yang baru..
Tapi buatan nyokap gw gede2 banget .. 😅😂😂😂 dadanya hampir sama dengan kepalanya.. dan perca kepala nya warna hitam bukan putih hahaaha.. yah walaupun jiwa anak - anak gw waktu itu kecewa menerima nya, tapi karena ngeliat nyokap udah berusaha buatin buat aku, tetap aku terima juga..

ingat itu sekarang aku jadi terharu biru.. mamaku sesibuk apapun dan secapek apapun mencari nafkah buat kami, tetapi berusaha menyenangkan 6 anak - anaknya...

 I love you mom..
semoga mama selalu diberikan kebahagiaan dan ketenangan jiwa dan raga .. Tuhan selalu jaga mama dimanapun mama berada :)


 Anak ke-3 mu yang selalu merindu..😘

0 komentar: